Ngetop Abizzz...

Sabtu, 31 Maret 2012

PKS Tak Merasa Langgar Aturan Koalisi Terkait BBM



Jakarta PKS mengaku sikap yang diambil terkait kebijakan BBM berdasarkan kepentingan rakyat. PKS sudah siap dengan segala konsekuensi.

"Tentunya sikap PKS tersebut diambil secara sadar dan paham berbagai dampaknya. Yang kami dahulukan, bagaimana kepentingan rakyat agar segera terselamatkan," kata Ketua DPP PKS Yudi Widiana saat berbincan, Sabtu (31/3/2012).

Yudi menerangkan, kalau BBM naik tentu yang merasakan adalah rakyat kecil. Bisa dilihat ketika isu BBM naik muncul terhadap harga-harga kebutuhan pokok.

"Karena harga-harga sudah naik sebagai akibat isu kenaikan BBM yang sudah digulirkan sejak sebulan lalu," terangnya.

Sikap PKS soal BBM pun dinilai Yudi tidak berseberangan dengan sikap koalisi. Bahkan soal BBM tidak ada pembicaraan khusus di koalisi.

"Di lihat dari sisi mana mbalelonya? Karena koalisi secara khusus tidak ada pembicaraan secara bersama-sama. Sikap PKS tidak lepas dari sensitifitas kami terhadap suasana di luar sidang, di mana demo secara masif dan merata terjadi di mana-mana menunjukkan masyarakat membutuhkan sikap yang tegas dari DPR terhadap isu kenaikan BBM," terangnya.

Rapat paripurna pembahasan usulan pemerintah menaikan harga BBM yang berlangsung maraton sejak Jumat (30/3/2012) siang akhirnya dilakukan dengan voting. Hasil voting tersebut 356 anggota DPR menyetujui opsi kedua, yaitu menerima penambahan pasal 7 ayat 6a yang isinya adalah memperbolehkan pemerintah mengubah harga BBM jika harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) mengalami kenaikan atau penurunan rata-rata 15% dalam waktu 6 bulan.

Opsi ini dipilih partai-partai koalisi, yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, dan PKB.

Sementara 82 anggota DPR menyetujui opsi pertama, yaitu tidak ada perubahan apa pun dalam pasal 7 ayat 6 UU APBN 2012 yang isinya tidak memperbolehkan pemerintah menaikkan harga BBM pada tahun ini.

Opsi ini dipilih PDIP, Hanura,dan Gerindra. PDIP dan Hanura melakukan aksi walk out ketika voting sedang berlangsung. Mengejutkan, PKS yang merupakan mitra koalisi dengan tegas menyatakan memilih opsi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar