Ngetop Abizzz...

Selasa, 03 April 2012

SBY Tak Mau Punya Musuh, Nasib PKS di Koalisi Aman

Jakarta Susilo Bambang Yudhoyono kini tengah menimbang-nimbang nasib Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di koalisi. Usulan agar PKS dikeluarkan dari koalisi gara-gara menolak kenaikan harga BBM sudah disuarakan kader Demokrat. Beranikah SBY mendepak PKS?

"SBY sangat hati-hati dan cenderung melembagakan zona nyaman kekuasaan sehingga sangat khawatir dan merasa dalam keadaan tidak pasti bila mitra koalisinya berpindah jadi oposisi," kata pengamat politik Gun Gun Heryanto kepada detikcom, Senin (2/4/2012) malam.


Karena keraguan SBY inilah, kebijakan yang diambil terkait mitra koalisi menjadi ambigu. Akibatnya, Setgab tidak akan efektif lagi untuk menjamin dukungan atas kebijakan yang diambil pemerintah.

Gun Gun menyebut ada dua faktor celah keretakan Setgab yang bisa berujung pada perpecahan antar parpol koalisi. Pertama, adanya rivalitas jelang 2014 untuk menciptakan strategi guna memperkuat legitimasi parpol dan mendelegitimasi parpol lain yang dianggap menjadi lawan. "Sehingga sangat mungkin akan banyak momentum konflik antar parpol," sebutnya.

Faktor kedua, kebobrokan sistem partai diprediksi akan menjadi celah bagi parpol di koalisi untuk saling sandera. "Sehingga setgab cenderung akan menjadi bagian dari mekanisme buka-tutup kasus. Menjadi alat pertahanan sekaligus ruang negosiasi untuk menyelamatkan aset, akses, dan problem yang mendera mereka masing-masing," lanjutnya.
detikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar