Ngetop Abizzz...

Rabu, 28 Maret 2012

Mahasiswa ITS Luncurkan Mobil Hemat 2.000 Km/Liter


Mahasiswa ITS Luncurkan Mobil Hemat 2.000 Km/Liter
Surabaya - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil hemat energi "Sapu Angin 6" dengan target konsumsi energi 2.000 kilometer per liter di kampus setempat, Rabu.

"Kami merancang tiga mobil untuk ajang Shell Eco Marathon (SEM) tingkat Asia di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia pada 4-7 Juli mendatang, tapi dalam peluncuran kali ini masih dua mobil yang selesai yakni Sapu Angin 6 dan 7," kata Manajer Umum Tim ITS 'Sapu Angin 2012', Yoga Dwi Widagdo.

Didampingi belasan rekannya yang tergabung dalam Tim Sapu Angin 2012 pada peluncuran di Gedung Robotika ITS itu, ia menargetkan mobil Sapu Angin 6 yang berbahan bakar bensin dan berlaga di kelas prototype itu dapat menjadi juara Asia.

"Tapi, untuk mobil Sapu Angin 7 yang berbahan bakar biodiesel (Fame) dan berlaga di kelas urban concept itu, kami menargetkan dapat memecahkan rekor dunia yang diraih AS dengan 270 kilometer per liter," katanya.

Khusus mobil Sapu Angin 7 akan dirancang mampu meraih target 700 kilometer per liter, meski dalam ajang serupa pada tahun 2011 hanya mencapai 149,8 kilometer per liter, namun tahun 2010 mampu mencatat 237,8 kilometer per liter.

"Satu unit mobil lagi yang belum selesai adalah mobil Antasena yang berbahan bakar hidrogen dan akan berlaga di kelas prototype," kata mahasiswa semester 8 Jurusan Teknik Mesin pada Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS Surabaya itu.

Dalam peluncuran yang juga dihadiri Kepala Biro Litbang Pemprov Jatim Abdul Hamid, Asisten IV Sekkota Surabaya Eko Harianto, dan Pembantu Rektor I ITS Prof ir Herman Sasongko, Sekretaris Jurusan Teknik Mesin ITS Dr Wawan Aries Widodo ST MT menjelaskan tahun ini merupakan tahun ketiga partisipasi ITS dalam SEM Asia.

AntaraNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar