Ngetop Abizzz...

Jumat, 06 April 2012

Petani Bojonegoro dapat benih tembakau gratis


Ilustrasi tembakau (ANTARA/Siswowidodo)
Bojonegoro - Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro, Jatim, mengatakan bahwa para petani bisa mengajukan permintaan untuk mendapatkan benih tembakau jenis Virginia Voor Oogst (VO) atau yang lebih dikenal dengan tembakau Jawa secara gratis.

"Menghadapi musim tanam tembakau di saat kemarau ini, kami minta petani mengambil benih tembakau secara gratis ke tempat kami, agar bisa secepatnya melakukan persemaian," kata Kepala Dishutbun Bojonegoro, Achmad Djupari, Jumat.

"Semakin cepat para petani mengambil benih, dan membuat persemaian, akan semakin mengamankan produksi tanaman tembakaunya, karena ketika panen tidak terganggu hujan," paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari hasil penangkaran benih tembakau yang dilakukan bekerja sama dengan Balai Penelitan Tembakau dan Tanaman Serat (Balittas) Malang, tersedia benih tembakau Virginia VO jenis T 45 sebanyak 205 kilogram.

Selain itu, tersedia benih tembakau Jawa jenis Gerompol Jatim dan Beligon sebanyak 20 kilogram, yang juga hasil penangkaran sendiri di sebuah desa di Kecamatan Sugihwaras.

Menurut dia, benih hasil penangkaran benih Virginia VO dan Jawa itu, memiliki berbagai keunggulan, di antaranya, daun tebal, aromanya harum, dan memiliki pegangan yang elastis, sekaligus disukai pabrikan.

"Benih yang tersedia itu, lebih dari cukup, dan kualitasnya bagus. Sebab, pada musim tanam kemarau lalu, kualitas tembakau di Bojonegoro kualitasnya bagus, tidak terganggu hujan," katanya.


(ANTARA News) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar