Ngetop Abizzz...

Selasa, 14 Februari 2012

KEAJAIBAN ISTIGHFAR


Ibnu Shubaih bercerita:
Seorang lelaki mengadukan musim paceklik kepada Imam Al-Hasan Al-Bashri, maka beliau berkata kepadanya: Beristighfarlah kepada Allah!
Sedangkan lelaki kedua mengeluhkan kefakiran kepada beliau, dan beliaupun menasehatinya: Bersitighfarlah kepada Allah!
Lalu orang ketiga datang kepada beliau seraya berkata: Tolong doakan saya agar Allah mengkaruniakan ana...k kepada saya. Dan beliaupun tetap menganjurkannya dengan berkata: Beristighfarlah kepada Allah!
Sampai kepada orang keempat yang mengadukan kekeringan kebunnya, beliau tetap tidak berubah dengan nasehatnya: Beristighfarlah kepada Allah!
Sehingga kamipun menanyakan hal itu kepada beliau (mengapa nasehatnya kepada semua dengan kepentingan yang berbeda-beda hanya istighfar saja?).
Beliau lalu menjawab: Aku justru tidak berkata apapun dari pendapatku sendiri. Melainkan Allah-lah Yang Berfirman dalam surah Nuh (yang artinya): “Maka aku (Nabi Nuh as.) katakan kepada mereka: ‘Beristighfarlah kepada Tuhanmu, – sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun – , niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anak bagimu, serta mengadakan untukmu kebun-kebun, dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS. Nuh: 10 – 12).
Rasulullah SAW. juga bersabda (yang artinya): “Barangsiapa tak henti beristighfar, niscaya Allah akan mengadakan baginya untuk setiap himpitan hidup solusi dan jalan keluar, untuk setiap kepedihan perlepasan dan kebebasan, serta memberinya rezeki secara tidak terduga” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas ra.).
Kaidahnya bahwa, tidak ada satu kejadianpun dalam kehidupan kita, besar atau kecil, baik atau buruk, melainkan pasti terkait, langsung maupun tidak langsung, dengan kondisi hubungan kita dengan Allah.
Hanya masalahnya, apakah selama ini kita telah cukup peka untuk selalu bisa menangkap hal itu ataukah belum?
Seorang generasi salaf bertutur: Jika aku membuat satu dosa, maka aku akan melihat dampak negatifnya pada prilaku keluargaku dan bahkan hewan tungganganku!
Mari tak henti beristighfar!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar