Ngetop Abizzz...

Selasa, 15 Mei 2012

Jaring Caleg Kader Berkualitas, PKS Gelar Pemilu Internal


PKS jaring caleg Pemilu masih dua tahun lagi. Namun, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tampaknya sudah bersiap sejak dini. Untuk memperoleh para calon legislatif yang berkualitas, partai yang dikomandoi Lutfi Hasan Ishaaq inipun bakal menggelar pemilu internal dalam waktu dekat. 

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKS Mahfudz Siddiq mengatakan, pemilu internal diperuntukkan bagi para kader yang ingin maju sebagai calon anggota legislatif pada 2014.

Menurut Mahfudz, pemilu internal merupakan mekanisme yang sudah dirumuskan dan ditetapkan majelis tinggi partai terkait penjaringan bakal caleg. “Pertimbangannya, caleg kan merupakan representasi partai sehingga prinsip partisipatif selalu kami kedepankan,“ kata Mahfudz di gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/5).


Dia melanjutkan, dalam pemilu internal, daftar bakal caleg DPR akan diputuskan pada level majelis tinggi. Sedangkan, daftar bakal caleg DPRD provinsi ditetapkan oleh DPP dan tingkat kabupaten oleh DPW. Dari daftar bakal caleg tersebut, pengurus akan melakukan sosialisasi sekaligus mengevaluasi nama-nama kandidat. Setelah itu, para calon akan diberikan penugasan sebagai bahan pertimbangan keputusan akhir.
Mengenai bakal calon yang bisa masuk daftar, kata Mahfudz, partai membuka dua jalur rekrutmen, yaitu jalur kader yang merupakan kader internal partai dan jalur eksternal guna menjaring figur potensial yang ingin mencalonkan diri melalui PKS.

“Untuk bakal calon dari eksternal itu, nanti ditentukan struktur (pengurus). Intinya mau berjuang bersama PKS,“ ucap Mahfudz.
Terkait target kursi yang ingin dicapai, Mahfudz menjelaskan, sesuai amanah Mukernas PKS, partai mengincar posisi tiga besar pemenang pemilu atau setidak-tidaknya bisa meraih suara setara 15 persen dari jumlah kursi di DPR. Dengan kata lain, target Pemilu 2014 PKS sama dengan dua kali lipat dari jumlah kursi di DPR PKS saat ini.

Mahfudz optimistis, target tersebut bisa tercapai karena saat ini partai terus bekerja untuk memperluas segmen kader dan simpatisannya, baik secara geografis maupun demografis.
Menurut Mahfudz, pengalaman PKS pada Pemilu 2009 akan diterjemahkan dalam bentuk pengembangan strategi terbaik guna mengoptimalkan kinerja para caleg. “Sehingga, Pemilu 2014 kita lebih siap dan caleg yang terpilih pun terjamin lebih berkualitas,“ katanya.

suaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar